ANALISIS KINERJA MANAJEMEN

BALANCE SCORE CARD

1.      KEUANGAN

Hasil dari perhitungan rasio-rasio keuangan, antara lain:
1.      Likuiditas      

CR                  = Aktiva Lancar : Kewajiban Lancar
= 300.000.000 : 150.000.000
= 2

2.      Profitabilitas

ROA              = Laba Usaha : Total Aktiva
                       = 235.000.000 : 450.000.000
                       = 0.5222222222

ROE               = Laba Bersih : Rata-rata Ekuitas
                       = 150.000.000 : 323.000.000
                       = 0.4643962848

3.      Solvabilitas

DAR              = Total Kewajiban : Total Aktiva
                       = 124.000.000 : 450.000.000
                       = 0.2755555556
                        Tingkat Likuiditas terdapat siklus cash to cash menargetkan dengan mengantisipasi keterlambatan pembayaran, proses distribusi biasanya dilakukan pengambilan barang dulu dan pembayaran setelahnya.
            Tingkat profitabilitas menunjukkan kemampuan perusahaan dalam meraih laba atau keuntngan dari aktivitas usaha yang kita lakukan.


2.      PELANGGAN

Ada dua strategi Objektif dalam pengukuran kinerja BSC yang mencerminkan baik dan buruknya kinerja ranta pasok yang berkenaan dengan pelanggan, yaitu kualitas produk dan kualitas pelayanan yang diterapkan Perusahaan Bakso kami.
1.      Kualitas Produk
-          Sesuai dengan standar (HALAL), Aman, Dan Sehat
-          Daya tahan produk, mulai dari pagi sampai besok
2.      Kualitas Pelayanan
-          Kerusakan makanan à 5%
-          Waktu respon pesanan à selama bekerja
-          Keluhan pelanggan à 5% sedikit yang mengeluhkan pelayanan oleh karyawan

3.      BISNIS INTERNAL

Perusahaan mengidentifikasi proses-proses penting yang terjadi untuk memuaskan konsumen. Berdasarkan data yang terkumpul, dapat diidentifikasi tujuan pada perspektif tujuan proses bisnis internal kedalam dua strategi objektif yang mewakili perspektif proses bisnis internal sistem rantai pasok pengadaan dan pengelolaan produk Bakso, yaitu:
-       Utilisasi Kapasitas
Indikasi naik turunnya biaya.
àdiminimalisir semaksimal mungkin
-          Efisiensi Operasi
Berpengaruh pada tingkat produktifitas, kualitas, kepuasan konsumen, waktu, dan biaya keseluruhan.
è Efisiensi waktu : Maksimal 7 hari kerja
è Efisiensi tenaga kerja : masing-masing karyawan dapat menangani seluruh pesanan
è Jenis pengadaan : terdapat 4 jenis Bakso

4.      INOVASI DAN PEMBELAJARAN
Berkaitan dengan SDM, sistem informasi dan prosedur organisasi. Faktor-faktor tersebut yang mengarahkan produktifitas sehingga adanya pertumbuhan usaha.
-          Kapitabilitas SDM
Pelatihan karyawan à diadakan 1 atau 2 tahun sekali
-          Kapabilitas Informasi
Respon Aliran Informasi à Informasi diberikan melalui arahan langsung.
-          Pengembangan Usaha
Kesian teknologi --> menerapkan teknologi yang sesuai dalam meningkatkan pemasaran usaha bakso. Meningkatkan fungsi kontrol, efektifitas, dan efisiensi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar