Analisis
Usaha Bakso Kejutan di Kawasan Lingkungan Kampus
A.
Rancangan
Rencana Bisnis
Bakso merupakan salah satu makanan yang digemari banyak orang
dan minat masyarakat pembeli terhadap Bakso pun bersifat dinamis , maka dari
itu beberapa pengaruh Bakso pun semakin kreatif dan adaftif terhadap ke
dinamisan tersebut. Berbagai usaha Bakso banyak yang berwirausaha karena minat
konsumen untuk membeli cukup potensi . Seseorang membeli Bakso terkadang bukan
karena ingin mencobanya tetapi seringkali karena menjadi favorit makanan
kuliner bagi konsumen. Berdasarkan hal diatas menjadi terinspirasi untuk
membuka Bisnis Bakso.
B.
Strategi-Strategi
Perusahaan
Ø Analisis Lingkungan
·
MAKRO dan MIKRO
a. Pesaing
Pesaing adalah organisasi lain
sejenis yang memperebutkan sumberdaya. “Bakso Kejutan” ini bersaing dengan
Bakso-Bakso yang lain.
b. Pelanggan
Pelanggan adalah siapapun yang
membayar dengan uang untuk memperoleh barang/jasa perusahaan. Pelanggan bisa
verupa individu atau kelompok. Perusahaan menghadapi perbedaan penting antar pelanggan
saat memasuki bisnis global. “Bakso Kejutan”
menyesuaikan selera para konsumen.
c. Pemasok
Pemasok merupakan organisasi yang
menyediakan sumberdaya bagi organisasi lain. Di “Bakso Kejutan” ini bergantung
pada pemasok Teh Botol sosro.
d. Pembuat
Aturan (Regulator)
Pembuat Aturan adalah pihak yang
mengendalikan, mengatur, dan mempengaruhi kebijakan dan praktek sebuah
organisasi secara fair dan aman bagi semua pihak. Regulator bisa berasal dari
pemerintah, atau dari lembaga/institusi.
Di “Bakso Kejutan” tidak memiliki Regulator untuk mengatur.
e. Partner
Strategis
Partner strategis adalah dua
organisasi atau lebih yang menjalankan bisnis yang berbeda, tetapi saling
bekerja sama dalam suatu joint venture/kemitraan dengan saling
menguntungkan. Di “Bakso Kejutan” ini
memiliki Partner Strategis yaitu dengan Teh Botol Sosro.
·
Analisis Lingkungan Internal
STRENGHT (KEKUATAN):
a. Letak
penempatan penjualan “Bakso Kejutan” ini strategis. Tepatnya berada di kawasan
kota dan dekat dengan lingkungan kampus.
b. Mengenai
cita rasa, “Bakso Kejutan” ini diolah dengan tangan-tangan ahli yang dibantu
dengan mesin untuk pengolahan daging sapinya, sehingga perpaduan diantara
keduanya saling mendukung. Bakso yang dihasilkan mampu membuat para masyarakat
ketagihan.
c. Mengenai
pelayanannya, Kami mempunyai 10 pekerja. Para pekerja memakai pakaian
berseragam., sehingga terlihat kekompakannya.
d. Selain
itu, Kami mensiasati dagangan dengan cara menyajikan bakso tidak hanya satu
jenis saja, disini terdapat banyak menu yang ditawarkan, seperti Bakso Kejutan
isi Cabe, Bakso Kejutan isi Keju, dan masih banyak yang lainnya.
e. Tidak
hanya bakso saja yang diunggulkan disini. Disini juga menyajikan
minuman-minuman segar, seperti Es Degan Susu, Es Kopyor, Es Soda Gembira, Teh
botol sosro, dll.
WEAKNESS
(KELEMAHAN):
a. Meskipun
perkiraan awal membangun tempat ini lumayan Luas, tetapi masih banyak
pengunjung yang tidak dapat kebagian tempat duduk. Dengan demikian, tidak
sedikit para pegunjung yang kecewa.
b. Kesalahan
dari pekerja, terkadang ada pembeli yang sudah memesan tetapi pesanannya tidak
kunjung datang. Hal itu terjadi akibat banyaknya pengunjung.
c. Kurangnya
ketelitian, seperti apa yang dipesan pembeli tidak sama dengan apa yang
disajikan.
d. Tempat
parkir yang kurang luas. Tidak setara dengan jumlah pengunjung yang datang.
·
Analisis Lingkungan Eksternal
OPPORTUNITY (PELUANG)
a. Dilihat
dari jumlah penduduk, setiap tahun selalu saja bertambah. Kemungkinan para
pengunjung akan terus bertambah.
b. Perkembangan
teknologi canggih, seperti internet, dll. Dengan adanya internet, dapat
mempromosikan “Bakso kejutan” ini. Dengan demikian, kemungkinan jumlah
pengunjung akan semakin bertambah. Bukan hanya dari warga sekitar, tetapi dari
berbagai kota.
c. Slaras
dengan adanya teknologi canggih tersebut, cara untuk mempromosikan dagangan
dapat deng mudah dan cepat.
d. Dari
segi perkembangan perilaku konsumen, terkadang tanpa disadari, lewat mulut
mereka, dagangan “Bakso Kejutan” ini dapat terkenal dan mendatangkan pengunjung
yang mau mencoba “Bakso Kejutan” ini.
e. Perkembangan
kehidupan ekonomi yang semakin meningkat, dapat menguntungkan penjual “Bakso
Kejutan” ini. Karena yang tadinya jaran membeli karena uang pas-pas an,
sekarang mereka jadi lebih sering datang karena telah bertambah pemdapatnya.
THREATH
(ANCAMAN)
a. Semakin
berkembangnya kehidupan ekonomi masyarakat, membuat banyak orang yang mencoba
untuk mendirikan dilahan dekat dengan penjualan “Bakso Kejutan” ini. Sehingga
akan sedikit terancam dengan hadirnya rumah makan baru.
b. “Bakso
Kaget” ini dibuat dengan daging sapi. Terkadang ada saja hal yang dapat
mempengaruhi harga daging yang menjadi naik. Dengan kejadian itu, secara
terpaksa harga bakso juga ikut naik. Kondisi seperti ini dapat membuat para
pengunjung kebetratan.
C.
Manajemen
yang Diterapkan
“Bakso Kejutan” ini menerapkan
manajemen:
·
Manajemen Pemasaran
Manajemen bisnis dibidang pemasaran
menyangkut segala bentuk perencanaan, bentuk, target, serta tujuan dan hasil
dari sebuah prpses marketing atau pemasaran. Penjualan yang meningkat dan upaya
untuk memperkenalkan produk kepada konsumen merupakan target utama dari sebuah
manajemen pemasaran.
Tanpa adanya sebuah manajemen pemasaran yang baik, maka sebuah
perusahaan akan mengalami kondisi sulit dalam hal pemasukan atau income yang
diperoleh. Pemasaran memegang peran vital terhadap eksistensi sebuah
perusahaan. Produk atau jasa yang kurang bermutu pun akan akan bisa terjual
laris apabila perusahaan memiliki seorang manajer pemasaran yang handal.
Kreatifitas dan inovasi perlu dijalankan dalam merancang sebuah manajemen
bisnis di bidang pemasaran.
→Pemasaran “Bakso Kejutan” ini
sudah sangat baik, dan membuat penjualannya meningkat dengan adanya manajemen
pemasaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar