TUJUAN DAN STRATEGI PERUSAHAAN

Analisis Usaha Bakso Kejutan di Kawasan Lingkungan Kampus

A.     Rancangan Rencana Bisnis
Bakso merupakan salah satu makanan yang digemari banyak orang dan minat masyarakat pembeli terhadap Bakso pun bersifat dinamis , maka dari itu beberapa pengaruh Bakso pun semakin kreatif dan adaftif terhadap ke dinamisan tersebut. Berbagai usaha Bakso banyak yang berwirausaha karena minat konsumen untuk membeli cukup potensi . Seseorang membeli Bakso terkadang bukan karena ingin mencobanya tetapi seringkali karena menjadi favorit makanan kuliner bagi konsumen. Berdasarkan hal diatas menjadi terinspirasi untuk membuka Bisnis Bakso.
B.     Strategi-Strategi Perusahaan
Ø  Analisis Lingkungan
·        MAKRO dan MIKRO
a.       Pesaing
Pesaing adalah organisasi lain sejenis yang memperebutkan sumberdaya. “Bakso Kejutan” ini bersaing dengan Bakso-Bakso yang lain.
b.      Pelanggan
Pelanggan adalah siapapun yang membayar dengan uang untuk memperoleh barang/jasa perusahaan. Pelanggan bisa verupa individu atau kelompok. Perusahaan menghadapi perbedaan penting antar pelanggan saat memasuki bisnis global. “Bakso Kejutan”  menyesuaikan selera para konsumen.
c.       Pemasok
Pemasok merupakan organisasi yang menyediakan sumberdaya bagi organisasi lain. Di “Bakso Kejutan” ini bergantung pada pemasok Teh Botol sosro.
d.      Pembuat Aturan (Regulator)
Pembuat Aturan adalah pihak yang mengendalikan, mengatur, dan mempengaruhi kebijakan dan praktek sebuah organisasi secara fair dan aman bagi semua pihak. Regulator bisa berasal dari pemerintah, atau dari lembaga/institusi.  Di “Bakso Kejutan” tidak memiliki Regulator untuk mengatur.
e.       Partner Strategis
Partner strategis adalah dua organisasi atau lebih yang menjalankan bisnis yang berbeda, tetapi saling bekerja sama dalam suatu joint venture/kemitraan dengan saling menguntungkan.  Di “Bakso Kejutan” ini memiliki Partner Strategis yaitu dengan Teh Botol Sosro.
·        Analisis Lingkungan Internal
STRENGHT (KEKUATAN):
a.       Letak penempatan penjualan “Bakso Kejutan” ini strategis. Tepatnya berada di kawasan kota dan dekat dengan lingkungan kampus.
b.      Mengenai cita rasa, “Bakso Kejutan” ini diolah dengan tangan-tangan ahli yang dibantu dengan mesin untuk pengolahan daging sapinya, sehingga perpaduan diantara keduanya saling mendukung. Bakso yang dihasilkan mampu membuat para masyarakat ketagihan.
c.       Mengenai pelayanannya, Kami mempunyai 10 pekerja. Para pekerja memakai pakaian berseragam., sehingga terlihat kekompakannya.
d.      Selain itu, Kami mensiasati dagangan dengan cara menyajikan bakso tidak hanya satu jenis saja, disini terdapat banyak menu yang ditawarkan, seperti Bakso Kejutan isi Cabe, Bakso Kejutan isi Keju, dan masih banyak yang lainnya.
e.       Tidak hanya bakso saja yang diunggulkan disini. Disini juga menyajikan minuman-minuman segar, seperti Es Degan Susu, Es Kopyor, Es Soda Gembira, Teh botol sosro, dll.
WEAKNESS (KELEMAHAN):
a.       Meskipun perkiraan awal membangun tempat ini lumayan Luas, tetapi masih banyak pengunjung yang tidak dapat kebagian tempat duduk. Dengan demikian, tidak sedikit para pegunjung yang kecewa.
b.      Kesalahan dari pekerja, terkadang ada pembeli yang sudah memesan tetapi pesanannya tidak kunjung datang. Hal itu terjadi akibat banyaknya pengunjung.
c.       Kurangnya ketelitian, seperti apa yang dipesan pembeli tidak sama dengan apa yang disajikan.
d.      Tempat parkir yang kurang luas. Tidak setara dengan jumlah pengunjung yang datang.



·        Analisis Lingkungan Eksternal
OPPORTUNITY (PELUANG)
a.       Dilihat dari jumlah penduduk, setiap tahun selalu saja bertambah. Kemungkinan para pengunjung akan terus bertambah.
b.      Perkembangan teknologi canggih, seperti internet, dll. Dengan adanya internet, dapat mempromosikan “Bakso kejutan” ini. Dengan demikian, kemungkinan jumlah pengunjung akan semakin bertambah. Bukan hanya dari warga sekitar, tetapi dari berbagai kota.
c.       Slaras dengan adanya teknologi canggih tersebut, cara untuk mempromosikan dagangan dapat deng mudah dan cepat.
d.      Dari segi perkembangan perilaku konsumen, terkadang tanpa disadari, lewat mulut mereka, dagangan “Bakso Kejutan” ini dapat terkenal dan mendatangkan pengunjung yang mau mencoba “Bakso Kejutan” ini.
e.       Perkembangan kehidupan ekonomi yang semakin meningkat, dapat menguntungkan penjual “Bakso Kejutan” ini. Karena yang tadinya jaran membeli karena uang pas-pas an, sekarang mereka jadi lebih sering datang karena telah bertambah pemdapatnya.
THREATH (ANCAMAN)
a.       Semakin berkembangnya kehidupan ekonomi masyarakat, membuat banyak orang yang mencoba untuk mendirikan dilahan dekat dengan penjualan “Bakso Kejutan” ini. Sehingga akan sedikit terancam dengan hadirnya rumah makan baru.
b.      “Bakso Kaget” ini dibuat dengan daging sapi. Terkadang ada saja hal yang dapat mempengaruhi harga daging yang menjadi naik. Dengan kejadian itu, secara terpaksa harga bakso juga ikut naik. Kondisi seperti ini dapat membuat para pengunjung kebetratan.
C.     Manajemen yang Diterapkan
“Bakso Kejutan” ini menerapkan manajemen:
·        Manajemen Pemasaran
Manajemen bisnis dibidang pemasaran menyangkut segala bentuk perencanaan, bentuk, target, serta tujuan dan hasil dari sebuah prpses marketing atau pemasaran. Penjualan yang meningkat dan upaya untuk memperkenalkan produk kepada konsumen merupakan target utama dari sebuah manajemen pemasaran.
Tanpa adanya sebuah  manajemen pemasaran yang baik, maka sebuah perusahaan akan mengalami kondisi sulit dalam hal pemasukan atau income yang diperoleh. Pemasaran memegang peran vital terhadap eksistensi sebuah perusahaan. Produk atau jasa yang kurang bermutu pun akan akan bisa terjual laris apabila perusahaan memiliki seorang manajer pemasaran yang handal. Kreatifitas dan inovasi perlu dijalankan dalam merancang sebuah manajemen bisnis di bidang pemasaran.

→Pemasaran “Bakso Kejutan” ini sudah sangat baik, dan membuat penjualannya meningkat dengan adanya manajemen pemasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar